Menggunakan komputer yang terhubung ke dalam jaringan(network) lokal (LAN) ataupun terhubung ke internet dibutuhkan pemahaman berbeda dibandingkan dengan menggunakan komputer individu yang tidak terintegrasi dengan jaringan(stan alone), banyak sekali permasalahan/kasus yang terjadi mulai dari tidak bisa terkoneksi dengan komputer lain, tidak bisa share file/printer, tidak bisa koneksi dengan internet dan masih banyak lagi kasus yang terjadi. Walaupun permasalahan diatas merupakan permasalahan yang sederhana tapi tidak semua pengguna(user) fahan untuk mengatasinya.
Contoh Trouble shooting dibawah ini adalah terjadi dalam sebuah jaringan yang komplek terdiri lebih dari dua ratus(200) komputer terhubung dalam beberapa workgroup yang berbeda, menggunakan IP statis clas C yang di gunakan untuk internet, LAN(local Area Network) share file/printer dan sistem informasi berbasis web.
Jaringan tersebut mempunyai sebuah router, webproxy dan firewall terhubung kesebuah hub/swich layer dua
Web proxy tersebut mempunyai IP 192.168.2.254menggunakan Port 80sebelum terhubung ke internet ataupun jaringan lokal semua client diarahkan ke webproxy, IP client mengunakan 192.168.2.x
Disini kita tidak membicarakan topologi jaringan atau yang menyangkut tentang teori router, webproxy, firewall dan penggunaan IP adress clas C 192.168.2.x, tulisan ini di tekankan pada trouble shooting client pada sebuah jaringan yang mempunyai system atau susunan seperti gambar dan penjelasan diatas. Jika komputer anda(client) tidak terkoneksi dengan jaringan lokal atau internet langkah-langkah yang harus diperhatikan antara lain:
Pertama, cek dulu hardwarenya di device manager
Klik “Start menu” drag ke “My Computer” Klik kanan “My Computer” klik “Properties”
Gambar “System Properties”
Pada “System Properties” klik “Hardware” klik “Device Manager”
Gambar “Device Manager”
Pada “Device Manager” klik tanda + pada “Network adapters” periksa apakah “Network adapters” nya tidak aktif (Disable) atau telah aktif (Enable)
Gambar “Network adapter” yang telah aktif
Gambar “Network adapter” yang tidak aktif
Cara mengaktifkan(Enable) “Network adapters”
Klik kanan “Network Adapters” pada contoh diatas yang ada tanda silang (x) merah, drag dan klik “Enable”
Kedua, cek IP address komputer anda
Klik Start menu clik “Control Panel”
Pada “Control Panel” klik kanan “Network Connections” dan klik “Open”
Pada “Network Connections” klik kanan “Local Area Connection” klik “Properties”
Pada “Local Area Connection Properties” klik “Internet Protocol(TCP/IP) dan klik “Properties”
Cek apakan komputer anda telah memiliki IP address jika belum isikan “IP address” sesuai IP komputer masing-masing sebagai contoh di bawah adalah “192.168.2.223”, Subnet mask “225.225.225.0” setelah selesai klik Ok dan
Pastikan IP address komputer anda tidak sama dengan IP komputer lain
Sampai di sini komputer anda telah terkoneksi dalam jaringan, coba lakukan share file/printer sudah bisa kan??
Ketiga, mengkoneksikan dengan internet
Untuk bisa terkoneksi dengan internet kita tinggal melakukan setting beberapa parameter di web broser pilihan anda di sini ada 2 buah contoh setting proxy web broser yang sering dipakai dalam beselancar di dunia maya. Sebelum kita melangkah lebih jauh, bagi yang belum mengetahui tentang apa yang disebut dengan web broser, ini sedikit tentang devinisi web broser.
“Web browser adalah software yang memungkinkan pengguna internet untuk berinteraksi dengan suara,video, data, tampilan dan informasi lainnya yang terdapat pada halaman web . Biasanya Tulisan atau gambar-gambar yang ada terhubungan dengan situs lain atau halaman website. Web browser memungkinkan penggunanya melakukan atau mencari data dari situs-situs melalui hyperlink-hyperlink”
Setting proxy pada web broser mozilla firefox
Gambar “Tampilan Mozila Firefox”
Buka web broser mozila di komputer anda arahkan kursor ke “Alat” drag dan klik ke “Pengaturan…”
Pada “Pengaturan” klik “Canggih”, klik “Jaringan” dan klik “Pengaturan”
Pada “Pengaturan Sambungan” klik “Konfigurasi proxy secara manual” isikan alamat IP 192.168.2.254 port 80, klik ok dan ok lagi
Setting proxy pada web broser opera
Gambar “Tampilan web broser Opera”
Buka web broser opera di komputer anda, klik “tools” drag dan klik “Preferences…”
Pada “Preferences…” klik “Advanced” klik “Nerwork” dan klik “Proxy Servers…”
Pada “Proxy Servers” isikan IP “192.168.2.254” PORT “80” klik Ok dan Ok lagi
Tidak semua topologi, susunan dan sistem jaringan (Netwoking System ) sama seperti tulisan diatas ini hanya sebagai contoh jika system jaringan anda sama/hampir sama, yang terpenting di sini adalah jika dalam sebuah jaringan, kita sebagai user(komputer client) tidak bisa terkoneksi dengan komputer lain atau internet ada beberapa langkah yang harus di perhatikan
• Cek hardwarenya “network adapternya” sudah terinstal atau belum, apakah dalam posisi disable/enable
• Cek IP addressnya apakah sudah terisi ato belum, apakah terjadi Ip conflik atau tidak, cek gateway dan DNS nya apakan sudah terisi atau belum.
• Cek broser anda apakah Ip server proxy sudah terisi(khusus pada jaringan yang menggunakan proxy yang semua trafiknya diarahkan ke server proxy)
• Cek Os anda (Operating System) apakah terkena virus apa tidak
• Jika semua hal diatas telah di lakukan dan komputer anda(client) tidak juga dapat terkoneksi dengan internet segera hubungi admin mungkin ada pembatasan-pembatasan koneksi(biasanya pada jaringan dikantor , kampus atau sekolahan)
Sabtu, 05 Mei 2012
0 Trouble shooting client pada sebuah jaringan/networking
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar